Cegah Stunting Melalui Gerakan Ibu Hamil Sehat

  • Share

Natuna,Kepripos.id- Ibu Hamil di Kabupaten Natuna perlu mendapatkan pengetahuan tentang perawatan prenatal selama masa kehamilan guna penekan  angka kelahiran bayi stunting. Untuk pencapaian   itu Dinas Kesehatan melaksanakan Sosialisasi Kesehatan Gerakan Ibu Hamil Sehat Kabupaten Tahun 2023.

Gaiat yang dibuka Asisten II Bidang Ekonomi Setda Natuna,  Basri dihadiri Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Segenap Organisasi Wanita Kabupaten Natuna, Ibu-Ibu Hamil se-Bunguran, serta hadir secara virtual perwakilan organisasi wanita setiap kecamatan di Kabupaten Natuna.

Gaiat tersebut dilaksanakan di halaman belakang Puskesmas Bunguran Timur, Jalan Sudirman, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Jumat (06/10/2023).

Kepala Dinas Kesehatan Natuna Hakmat  Aliansyah dalam laporannya menyampaikan,   kegiatan ini  diinisiasikan dengan tujuan agar Ibu Hamil di seluruh Kabupaten Natuna mendapatkan pengetahuan tentang perawatan prenatal selama masa kehamilan. Sehingga angka kelahiran bayi stunting di Kabupaten Natuna akan berkurang.

” di Natuna sampai dengan bulan Agustus  ada 1.280 Ibu hamil,    sebanyak 7 orang mengalami anemia dan bumil X atau kekurangan energi kronik ( kekurangan gizi dan protein ) e sebanyak  239 orang.” ungkap Hikmat.

Lanjutnya, hal ini menunjukkan bahwa masih banyak Ibu-ibu hamil yang ada di Kabupaten Natuna banyak kekurangan energi kronik sehingga perlu kita lakukan sosialisas.  Salah satunya adalah dengan melakukan kegiatan Gerakan Ibu Hamil Sehat.

Sementra  Asisten II Basri dalam sambutannya berharap dengan adanya Gerakan Ibu Hamil Sehat ini bisa bermanfaat kepada ibu – ibu hamil khususnya di Kabupaten Natuna.

“dengan adanya Kegiatan Gerakan Ibu Hamil Sehat ini diharapkan kepada ibu – ibu hamil beserta suaminya bisa menambah ilmu dan wawasannya, supaya bisa lebih siap dalam menangani masa – masa kehamilan,” harap Basri.

Selepas Sambutannya, Kegiatan ini dilanjutkan dengan Dialog singkat bersama dokter Puskesmas dan Perwakilan Organisasi Wanita se – Kabupaten Natuna secara daring dan luring. * (Dayat)

banner 120x600
  • Share