https://kepripos.id/wp-admin/customize.php?return=%2Fwp-admin%2Fabout.php

Bupati Natuna Pimpin Rakor Forum Kabupaten Kota Sehat 2022

  • Share
Bupati Natuna ( tengah) Sekda ( Kanan ) Ketua TP PKK ( Kiri)

Natuna,kepripos.id– Dalam mewujudkan penyelenggaraan Kabupaten Kota Sehat, perlu sinergitas seluruh dinas terkait dan memerlukan instrumen instrumen yang harus kita targetkan untuk memenuhi standar Kabupaten Kota Sehat.

Hal disampaikan Bupati Natuna pada  Rapat Koordinasi Kabupaten Kota Sehat 2022 bersama forum Kabupaten Kota Sehat Kabupaten Natuna yang dilaksanakan di Ruang Rapat kantor Bupati,  jalan Batu Sisir Bukit Arai Natuna Kepri. *(08/07/2022).

Turut hadir dalam rapat tersebut Sekda Natuna, Ketua TP PKK Natuna, Kepala OPD dan Germas.

Lanjut Wan Siswandi, rapat koordinasi ini bertujuan untuk menegaskan kembali rancangan pedoman penyelenggaraan kabupaten kota sehat .

” Dalam mewujudkan penyelenggaraan kabupaten kota sehat, perlu sinergitas seluruh dinas terkait. Sehingga forum ini di inisiasi untuk mempermudah jalur komunikasi dan efisiensi koordinasi antar OPD, Germas dan Instansi. Kita berharap penyelenggaraan kabupaten kota sehat dapat memiliki dampak bagi masyarakat Kabupaten Natuna” Jelas Wan Siswandi.

Masih Wan Sis, Kabupaten Kota sehat barometernya tidak hanya kesehatan secara fisik , tapi lingkungan, keaman , pendidikan serta tata kelola kota yang memiliki  indikator dan harus terukur.

Dikesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna Hikmat Aliansyah  secara umum menjelaskan, Kabupaten Kota Sehat adalah dimana setiap orang berhak untuk mendapatkan lingkungan hidup sehat.

” Ada 3 indikator utama yang menjadi tolak ukur diantaranya layanan kesehatan, pola hidup sehat serta lingkungan yang sehat. Ini  merupakan  tugas kita bersama sesuai dengan tupoksi masing masing untuk meningkatkan capaian target indikator”, Jelas Hikmat Aliansyah.

Lebih lanjut Hikmah Aliansyah menambahkan, ada beberapa strategi yang bisa dilakukan diantaranya, pembentukan kelembagaan yang solid. Dalam proses kelembagaan, dimulai dari desa, kelurahan, kecamatan, kabupaten hingga Provinsi sampai Nasional.

” Dalam Kabupaten Kota Sehat ini, jika kita memenuhi standar yang ditetapkan, maka kita akan mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat . Dengan indikator keberhasilan masing masing kategori berada diangka diatas 91 %. Kita berharap dengan adanya rapat koordinasi hari ini, kita dapat berbagi tugas dan pemikiran sehingga capaian indikator dapat kita penuhi” Jelas Hikmah Aliansyah.

Selanjutnya Ketua Forum Kabupaten Kota Sehat, Septi Dwiani dalam sambutannya menjelaskan kepada masing masing amat dapat memberikan forum kecamatan sehat.

” Dimana masing masing kecamatan dapat membentuk Forum kecamatan sehat yang merupakan kumpulan dari forum kelurahan sehat. Saya berharap masing masing camat dapat menjalankan koordinasi untuk mempercepat target capaian indikator Kabupaten Kota Sehat 2022. Mengingat Camat adalah garda terdepan di masing masing kecamatan yang langsung berkoordinasi dengan masyarakat ” Jelas Septi Dwiani

Kepala Bapeda, Musthofa juga menegaskan bahwa Kabupaten Kota Sehat bukan hanya tanggung jawab forum Kabuten  sehat, namun bagaimana kita juga membangun kemitraan lintas sektoral. Sehingga semua orang merasa punya tanggung jawab yang sama untuk menjaga Kabupaten Natuna yang sehat dan bersih.

Musthofa juga menekankan yang jauh lebih penting adalah semua kegiatan forum kabupaten kota sehat harus melibatkan masyarakat, dimana kita membiasakan masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kawasan lingkungan sehat.

Pemerintah Kabupaten Natuna berharap seluruh pihak yang terlibat, dapat mengambil perannya dengan maksimal untuk sama sama mewujudkan Kabupaten Kota Sehat Natuna 2022. Dengan KKS lebih bersih, lebih nyaman dan lebih sehat.* (Wahyudi)

 

banner 120x600
  • Share