Bupati Natuna : Percepatan Pembangunan Perlu Berkolaborasi Dengan KEK dan BP3N

  • Share
Spread the love

Natuna, Kepripos.id- Untuk percepatan Pembanguan Natuna Pemkab Natuna perlu mensuport pembanguan KEK Kemaritiman, Menindak lanjuti Kepres BP3N. Natuna Juga  Perlu Hadir di Dunia bukan hanya dari sektor migasnya saja. Natuna bisa dikenal dari wisatanya,  Taman Bumi ( Geopark, Kekayaan Hasil Laut,  Gender, Forum Anak dan keungulanlainnya. Hal ini disampaikan Bupati Natuna dalam sambutannya pada penutupan Musrenbang Kabupaten Natuna, Bertempat di Gedung Sri Srindir Jln Yos Sudarso Kabupaten Natuna Provinsi Kepri (23/03/2022).

Ketua DPRD Natuna Daeng Amhar Tinjau Musrenbang

Lanjut Bupati, untuk mencapai Natuna bisa dikenal tentu kita membutuhkan inprastruk pendukung,  seperti apa yang kita rembuk bersama di musrenban ini, ini merupakan model pembangunan dari sisi Pemkab hingga pusat.

Disisi lain Pemerintah pusat bisa membangun Natuna melalui Kawasa Ekonomi Khusus, bahkan melanjutkan dengan pembangunan melalui Perpres BP3N. Sehingga inprastuktur Dasar dan pundi-pundi ekonomi Natuna segera bangkit.

“Natuna sudah bersetatus Geopark Nasional yang kini sedang mempersiapkan diri untuk didaftarkan di Unesco Global Geopark ( UGGp).Ini akan akan memiliki daya pikat tersendiri untuk menghadiri peneliti dunia dan wisatawan untuk datang ke Natuna”.

Kita punya air bersih, namun tidak  mencukupi untuk sebuah industri,  baik Insdustri Pariwisata maupun  manufaktur lainnya. Mudahan denngan sudah dilelangnya pengerjaan Embung Sebayar,   ditahun 2023 kebutuhan air bersih bisa teratasi, jelas Sis.

Kita punya energi listrik, cuman  energi listrik PLN dalam setatus siaga, juga april ini akan ditambah dua mega lagi. Itupun masih dirasakan kurang, layaknya memang ditambah 10 mega. Permintaan penambahan ini pun sudah kita sampaikan ke Pemerintah Pusat, sampai Sis.

“Kita butuh banyak energi listrik, bukan saja untuk kebutuhan rumah tangga saja. Industri pariwisata sudah mulai berjalan. Resort dan Hotel baru bermunculan. Disamping itu kita perlu menerangi jalan untuk kota Kabupaten, kecamatan hingga ke desa-desa.” tambah Sis.

Anggota DPRD Erimarka bahas Persolan sampah

Kita juga butuh jalan yang represtatif untuk merangkaikan desa. Sektor pariwisata, pertanian, perkebunan, perternakan ada di Desa tentu memerlukan kenyamanan bertransfortasi.

Keti juga butuh sarana telekomunikasi tanpa hambatan sinyal, agar wisatawan bisa berintraksi dengan koleganya, kebutuhan pendidikan dan pemasaran produk lokal masyarakat, terang Sis.

Untuk pemenuhan inprastuktur Natuna, tentu  kita perlu berkolaborasi antara Pemerintah Kabupaten, Pemerintah  Provinsi  dan Pemerintah pusat.

Kita ucapkan terimakasih kepada Gubernur Kepri yang telah memberi respon positif, sehingga beliau hadir membuka Musrenbang Natuna.

Sekretaris BPPPRDKabupaten, Asmir sampaikan hasil musrenbang

Sumbang pikiran, usulan musren Desa yang diteruskan melalui musrenbang  Kecamatan untuk di Prioritaskan di Musren Kabupaten Natuna dimulai  dari tanggal 21-23 Maret ini yang telah melibatkan bukan saja dari OPD-OPD, Camat, juga melibatkan tokoh masyarakat, frofesional kelembagaan telah mengusulkan dan menyepakati prioritas pembangunan daerah yaitu, Peningkatan Ekonomi daerah, Pembangunan infrastruktur wilayah, peningkatan kualitas sumberdaya manusia. Munyampaikan rancangan rencana awal rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupoaten Natuna Tahun 2023, terdiri dari, 131 program,  255 kegitan dan 826 sub Kegiatan dengan total dana Rp. 1.827.127.795.595 seperti disampaikan Sekretaris Badan Perencanaan, Peneflitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten, Asmir.* (Fadil)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Spread the love
  • Share