Bupati Natuna Minta Usulkan Dimusrenbangcam Penguatan Ekonomi Kearifan Lokal

  • Share

Natuna, kepripos.id- Usulkan di Musrenbang potensi peningkatan ekonomi berdasarkan kearifan lokal, hal ini disampaikan Bupati Natuna Wan Siswandi pada Musrenbang Kecamatan Bunguran Selatan , bertempat di Balai BUMDes Setengar Natuna Kepulauan Riau, Selasa ( 23/01/2024).

Lanjut Bupati,  usulan pembangunan berbentuk fisik seperti semenisasi itu memang perlu, hanya saja dilihat kebutuhannya.

“Alangkah baiknya disusulkan untuk pembuat kolam ikan lele, budidaya kepiting bakau, bibit sapi, bibit cengkeh atau lainnya yang sesuai dengan kearifan lokal”, pinta Wan Sis.

Bupati juga menjelaskan di tahun ke tiga kepemimpinannya program pembangunan mengarah kepada   peningkatan ekonomi dari kearifan lokal.

 

” Kebutuhan lele di Natuna cukup besar, jangan sampai kebutuhan itu didatangkan dari luar pulau Natuna, sementara ditempat kita ( Natuna-red) banyak rawa-rawa yang bisa dibikin empang untuk lele”. ungkap Wan Sis.

Wan Siswandi,  juga meminta untuk menjaga kesehatan, jika sakit segeran berobat. Semua kebutuhan dokter umum dan spesialis di RSUD sudah terpenuhi.

” Seluruh masyarakat Natuna, biaya berobatnya sudah ditanggung oleh BPJS, jangan ragu-ragu untuk berobat. Jika tidak bisa ditangani oleh RSUD pasiennya dirujuk ke luar Natuna. Untuk yang rujukan ke Batam, masyarakat bisa nginap di rumah singgah Natuna yang ada di Batam.  jelas Wan Sis.

Musrenbang yang di buka oleh Bupati Wan Siswandi juga dihadiri oleh, Wakil Bupati, Wakil Ketua DPRD Natuna Daeng Ganda Rahmatullah. Anggara DPRD Natuna Erimarka, tim atensi, para kades, Ketua BPD se Kecamatan Bunguran Selatan, tokoh masyarakat, Camat Bunguran Selatan, Supardi dalam paparan Musrenbangcam menyampaikan masing-masing Desa  memprioritas 15 usulan pembangunan, terkecuali desa Cemaga sebanyak usulan 20, dikarenakan di Desa Cemaga ada puskesmas.

Pardi berharap semua usulan dapat diakomodir pada APBD  tahun 2025 nanti

” kita berharap usulan yang diprioritaskan dimusre Des bisa terakomodir”, tutup Pardi.

banner 120x600
  • Share