Bupati Natuna Meresmikan Penggantian Nama   Jalan Sihotang Menjadi   Kolonel Pnb Sumihar Sihotang

  • Share
Bupati Natuna didampingi Wakil Bupati, Danlanud Raden Sadjad, Wakil Ketua DPRD dan Ketua Komisi satu membuka selubung penggantian nama jalan Sihotang

Natuna, Kepripos.id– Bupati Natuna Wan Siswandi didampingi Wakil Bupati Rodhial Huda dan Wakil Ketua I DPRD Daeng Ganda Rahmatullah meresmikan perubahan nama Jalan (Jl) Sihotang menjadi Jl Kolonel Penerbang (Pnb) Sumihar Sihotang  bertempat di Jl Kolonel Pnb Sumihar Sihotang Kelurahan Ranai  Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna Provinsi Kepri, Selasa (20/06/2023).

Bupati Natuna Wan Siswandi mengatakan, pemberian nama jalan memang harus spesifik yang tertuju pada orangnya, supaya tidak bias.

Jalan yang dibangun oleh beliau, mulai dari selesainya dibangun hingga sekarang,  digunakan oleh masyarakat sebagai jalan penghubung.

“Nama jalan Kolonel Pnb Sumihar Sihotang merupakan bentuk tanda terima kasih masyarakat Natuna karena beliau adalah penggagas pembukaan jalan tersebut dibangun”, sampai Wan Siswandi.

Lanjut Wan Sis, membahas kerjasama antara Pemda Natuna dan TNI AU sudah terbukti melalui MoU tahun 2008 yang pada saat itu untuk izin pembangunan bandara Raden Sadjad dan juga perizinan jalan untuk dilewati oleh masyarakat sipil yang melintas menuju pelabuhan Penagi. Maka dari itu perubahan nama jalan ini juga salah satu contoh kerja sama yang baik guna memberikan penghormatan tanda jasa terakhir buat tokoh pahlawan yang berjuang yang telah membantu masyarakat yaitu Kolonel Pnb Sumihar Sihotang yang saat itu menjabat sebagai Danlanud di TNI AU Ranai.

Dalam kesempatan yang sama Danlanud Raden Sadjad Kolonel Pnb Jajang Setiawan menyampaikan, pada tahun 1989 Danlanud Ranai beserta anggota TNI AU dan dibantu oleh warga Air Lakon membuka jalan pada tahap awalnya, kemudian dilanjutkan oleh anggota TNI dengan mengerahkan 30 personil setiap hari secara bergantian selama 3 bulan. Sehingga yang dulu hanya jalan setapak, masih bersemak, ditumbuhi pokok kayu kayan dan setiap musim penghujan  terjadi banjir. Hingga akhirnya jalan tersebut bisa dilewati masyarakat dengan nyaman.

 

Tujuan dibuat jalan tersebut untuk memudahkan masyarakat dalam bekerja maupun bertemu sanak keluarga, hal tersebut dilakukan sebagai penghormatan terakhir buat Kolonel Pnb Sumihar Sihotang. Karena bangsa besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan.

Atas kebiasaan masyarakat,  jalan tersebut diberi nama jalan Sihotang. Namun sekarang akan dirubah menjadi jalan Kolonel Pnb Sumihar Sihotang.

Selaku panitia, Kabag Tata Pemerintahan (Tapem) Izhar menyampaikan, pemberian nama jalan sangat penting dilakukan guna memudahkan dalam mencari alamat suatu tempat, hubungan komunikasi, memudahkan administrasi kependudukan dan kepastian hukum sesuai peraturan Pemerintah nomor 34 tahun 2006 tentang jalan pasal 117 ayat 1 dan 2 menyebutkan bahwa legalitas jalan memuat identitas jalan seperti nomor, nama ruas dan pengenal jalan.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Komisi I Wan Aris Munandar, FKPD, OPD, Camat Bunguran Timur Hamid Hasnan, teristimewa  turut hadir Anak dan Cucu Kolonel (Pnb ) Sumihar Sihotang ( Alm) serta tamu undangan lainnya.*( Irwanto )

banner 120x600
  • Share