Bupati Natuna : Homestay Ikan Perlu Diperbanyak

  • Share
Spread the love

 

Natuna Kepri Pos-Promosi wisata bahari memang perlu digalakkan, tetapi promisi yang kita lakukan harus benar adanya. Kita perlu peningkatan sebaran karang melalui transpalntasi terumbu karang, agar keanekan terumbu karang menjadi panorama indahnya dibawah laut.

Untuk kita perlu menjadi olah raga diving dan transpelantasi trumbu karang dijadikan sebuah hoby. Hal ini disampaikan Bupati Natuna Wan Siswandi kepada Kepri Pos seusai giat penanaman karang di laut Teluk Buton, 14/08/2021.

Lanjut Sis, Natuna sebagian besar adalah laut, tentu sumberdaya lautnya perlu kita kelola agar menjadikan kondistribusi buat masyarakat dan daerah, termasuk pemampatan sumberdaya alam terumbu karang.

Terumbu karang merupakan penjaga ekosistem  laut, juga sebagai Homestay ikan, oleh karenanya  kita perlu menjaga  agar  Homestay jangan sampain rusak, bahkan perlu diperluas penyebarannya, supaya mendapat nilai menpaat dari segi sisi ekonomi.

Wan Sis Natuna ada yang sudah rusak, Wan Siswandi mengapresiasi kegiatan penanaman terumbu karang sebanyak 76 pot di tiga titik spot wisata diving oleh Komunitas Jelajah Bahari Natuna (JBN).

“Kegiatan terumbu karang yang dilakukan saat ini itu sangat bangus, semoga kedepan terumbu karang kita lebih baik,” ucap Wan Siswandi.

“Prosesnya memang lama tetapi untuk anak cucu mereka nantinya, saya harap di kecamatan-kecamatan juga dapat dilakukan hal yang sama,” terangnya.

Wan Siswandi juga mengapresiasi partisipasi para pimpinan Forkopimda dalam kegiatan penanaman terumbu karang tersebut, sebagai bentuk kebersamaan dan kepedulian terhadap ekosistem laut yang menjadi aset pariwisata Natuna.

Sampah Menjadi Penyebab Penyakit Karang Bahkan Mati  

Sementara itu Kepala Kantor Pencarian dan Pertolomgan (KPP) Kabupaten Natuna, Mexi Bekabel mengatakan pemilihan lokasi di Teluk Buton selain tempatnya aman juga untuk memperbaiki terumbu karang yang ada.

“Kita dukung upaya pemerintah untuk memperbaiki terumbu karang, juga untuk mendukung pariwisata,” pungkasnya.

Hadir juga Wakil Bupati Natuna, Pj Sekda Natuna, Ketua Komisi I DPRD Natuna, Kajari Natuna, Ketua PN Ranai, Dandenhanud, Kepala Bakamla Natuna, Danpom AU, Wadanyon Komposit Gardapati, Ketua PWI Natuna dan FKPD.*

Laporan : Irwanto


Spread the love
  • Share