Bupati Natuna Buka Sosialisi Peningkatan Kapasitas Para Kepala Desa Terpilih Tahun 2022

  • Share
Bupati Natuna Wan Siswandi didampingi Asisten I Khaidir  Membuka Sosialisasi  Peningkatan Kapasitas Kepala Desa
Spread the love

Natuna, Kepripos.id – Bupati Natuna Wan Siswandi didampingi Asisten I Khaidir  Membuka Sosialisasi  Peningkatan Kapasitas Kepala Desa (Kades) terpilih tahun 2022 dan Pengganti Antar Waktu (PAW) Kades.

Kegiatan yang ditaja oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa ( DPMD) bertempat di ruang rapat lantai II Kantor Bupati Natuna, Jl Bukit Arai Kelurahan Bandarsyah, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna Provinsi Kepri, Rabu(24/05/2023).

Bupati Natuna Hadiri Pelantikan 5 TP PKK Kecamatan

Dalam kesempatan itu Bupati Natuna  mengingatkan kepada seluruh Kades agar dalam menjalankan roda Pemerintahan Desa agar tertib dalam beradministrasi guna memudahkan pemberian laporan kepada pihak terkait di bidang Desa.

Wan Sis  mendukung kegiatan ini  di lakukan, agar     kapasitas para Kades dalam pengelolaan  keuangan Desa dan terjadi peningkatan dalam  pemanfaatan dana Desa guna  perbaikan ekonomi di wilayah Desa. Selain itu  jalani roda Pemerintahan sesuai mekanisme peraturan perundang – undangan yang ada agar terhindar dari  permasalahan  hukum.

Wan Sis juga meminta kepada kepala Desa untuk menjadikan Desa sebagai  tombak pembangunan Kabupaten Natuna yang lebih baik lagi, tutupnya.

Kadis DPMD yang diwakili oleh Sekdis Sabki sampaikan, kegiatan tersebut  diikuti oleh 37 Kedes terpilih 2022 dan 1  Kades  PAW.

Lanjut Sabki, kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan peraturan undang – undang no 27 tahun 2005 tentang Pemerintahan Desa dan pasal 216 ayat 1 undang – undang no 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

Pemimpin Pemerintahan Desa yang bertugas menyelenggarakan roda Pemerintahan di wilayah Desa masing – masing.

Adapun tujuan dari kegiatan ini tambah Sabki, yaitu memberikan pemahaman kepada para Kades dalam menjalankan roda Pemerintahan terutama mengelola keuangan Desa.

Adapun narasumber sosialiasi Peningkatan Kapasitas Kades,  dari Tenaga Ahli Pendamping Desa,  Inspektorat dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) yang dibuka  di ruang lantai II Kantor Bupati Natuna dan  lanjutkan klinik Keungan Desa di Batu Hitam.

Hadir dalam kegiatan tersebut OPD, Tenaga Ahli dari Kemendesa PDTT, serta tamu lainnya. *(Irwanto).

 

Ketua TP PKK Natuna Lantik 5 Ketua TP PKK Kecamatan 

 

 


Spread the love
  • Share