Budi : Pembelajaran Tatap Muka Lebih Efektif Dalam KBM

  • Share
Kepala SMAN 1 Bunguran Timur, Prihatno Budiriyanto

Natuna, Kepripos.id– Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas kembali digelar di Kabupaten Natuna. PTM dilaksanakan berdasarkan edaran Dinas Pendidikan Provinsi Kepri Nomor 4 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka Tahun Akademik 2021/2022.

Hal ini disampaikan  Kepala SMAN 1 Bunguran Timur, Prihatno Budiriyanto saat ditemui Kepri Pos di ruang kerjanya yang beralamat di jalan Peramuka Ranai Kabupaten Natuna Propvinsi Kepulaun Riau, Senin (04/10/2021)

lanjutnya,  PTM dilaksanakan secara terbatas,  50 persen sisiwa dilakukan  pembelajaran tatap muka, sedangkan  50 persennya lagi secara daring.

KBM tatap muka di SMA 1 Ranai Natuna

TM diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan, menjaga jarak dan memakai masker.

“hari ini para siswa kita sedang melakukan ujian tengah semester, ujian tengah semester ini dijadwalkan selama satu minggu dan dilakukan secara online atau ujian menggunakan handphone. Namun hanya sebgaian siswa yang melakukan ujian dari sekolah, sebagian lagi ujian dari rumah” terang Budi.

Ia berharap agar kedepannya pembelajaran tatap muka ini dapat terus berlangsung, mengingat Natuna kini berada di zona kuning Covid-19 dan PPKM level III. Pembelajaran secara luring atau Belajar Dari Rumah (BDR) dirasa kurang efektiv,  apalagi ada beberapa siswa yang belum memiliki Handphone serta kualitas jaringan internet yang masih belum memadai.

“ tentu proses Kegiatan  Belajar Mengajar (KBM) tatap muka lebih efektif ketimbang, karena secara daring tidak dapat dipantau langsung oleh gurunya.  Disamping itu, kondisi geografis wilayah kita seperti ini dan siswa/siswi yang rumahnya masih belum tersentuh oleh jaringan internet atau yang jaringan internetnya masih kurang bagus juga menjadi kendala” jela Budi.

Nantinya para siswa akan melaksanakan proses belajar mengajar dari pagi sampai siang hari yaitu dari senin sampai dengan jumat namun dengan menerapkan sistem shift .***

Laporan : Aulia

banner 120x600
  • Share