BPBD Natuna Himbau Masyarakat Serasan Menjauhi Lokasi Pernah Longsor

  • Share
Spread the love

Natuna, kepripos.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Natuna menghimbau kepada masyarakat Serasan untuk menjauhi dan mengurangi aktivitas di area rawan longsor.

Kepala Pelaksana BPBD Natuna Raja Darmika menyampaikan dalam beberapa hari terakhir sudah terjadi tanah retak dan longsor kecil di daerah tersebut, yaitu Desa Pangkalan dan Desa Arung Ayam.

“Dari tanggal 9 Januari yang awalnya ada retakan tanah kemudian ada longsor kecil, atas penomena  itu sudah kami lakukan upaya himbauan kepada masyarakat Serasan untuk menjauhi area rawan longsor,” Sampai Darmika di Kantor Bupati pada Kamis (18/01/2024).

Ia juga mengatakan bahwa potensi terjadinya longsor di beberapa daerah Serasan masih akan terus terjadi, jika  kerab dilanda hujan.

“Hingga hari ini intensitas hujan disana masuk dalam kategori menengah ke tinggi,” Kata Darmika.

Tambah dia, demi mengurangi risiko bencana beberapa sekolah di Serasan memperbolehkan siswanya untuk belajar di rumah secara daring.

“Beberapa sekolah sudah berinisiatif untuk Siswanya belajar di rumah, khawatirnya karena banyak siswa yang akan pergi sekolah melewati area rawan longsor yang bisa meningkatkan risiko bencana,” tambah Darmika.

Meskipun di beberapa daerah dalam kondisi kesiapsiagaan, namun masyarakat di sana sudah mulai mengerti terkait dengan kondisi tersebut.

“Saat ini masyarakat sudah mulai mengerti dan berinisiatif untuk saling mengingatkan ke sesama mereka, ini adalah suatu peningkatan kapasitas pengetahuan pada diri mereka,” jelas Darmika.


Spread the love
  • Share