BAZNAS Kepri Salur Bantuan Untuk Muallaf di Natuna

  • Share

Natuna, kepripos.id – Sebagai umat Islam kita wajib untuk mengamalkan 5 Rukun Islam, salah satunya zakat, kepada masyarakat yang mempunyai penghasilan untuk bisa membayarkan zakatnya di Badan Amil Zakat (BAZNAS) Natuna. Hal ini disampaikan Bupati Natuna dalam  sambutannya pada Kegiatan Program Cinta Muallaf yang digelar oleh BAZNAS Kabupaten Natuna bersama  BAZNAS Provinsi Kepulauan Riau, bertempat di Gedung Sri Serindit, Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri. Rabu (25/10/2023).

Kegiatan Program Cinta Muallaf tersebut  dibuka secara resmi oleh Bupati Natuna yang disejalankan dengan Pengukuhan Persatuan Muallim dan Muallaf Kabupaten Natuna.

 

Sebagai bentuk Program Cinta muallaf,  BAZNAS Kabupaten Natuna menyalurkan dana zakat mal kepada 50 Asnaf muallaf dan 20 bantuan pengembangan usaha dan konsumtif.

Dalam kesempatan itu, Bupati Natuna Wan Siswandi  menjelaskan bahwa membayar zakat hukumnya wajib bagi setiap muslim.

“Zakat termasuk bagian dari rukun Islam,  artinya rukun islam adalah ibadah yang wajib kita lakukan, dan berdosa jika   tidak dikerjakan ,” jelas Siswandi.

Wan Siswandi juga menghimbau kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk membayarkan zakat dari penghasilan mereka.

“Untuk itu saya juga menghimbau kepada OPD untuk membayarkan zakatnya atau menyalurkan sedikit penghasilannya di BAZNAS Natuna,” ajak Siswandi.

Selain itu, Wan Siswandi juga katakan sejak dilantiknya menjadi Bupati Natuna, ia mengintruksikan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk berinfaq satu kilogram beras per bulan.

“Beras tersebut akan kami salurkan kepada masyarakat Natuna yang membutuhkan. Alhamdulillah kegiatan berinfaq ini masih berjalan hingga sekarang,” ungkap Siswandi.

Dalam kesempatan itu juga, Wakil Ketua III BAZNAS Provinsi Kepri Dr. Fauzi menyampaikan bahwa pilihan kegiatan program cinta muallaf  telah di launching oleh BAZNAS Kepri di 7 Kabupaten Kota se-Kepri.

“BAZNAS Kepri memberikan beberapa pilihan program cinta muallaf  untuk diadakan pada masing-masing kabupaten kota se – Kepri, salah satunya  oleh BAZNAS Kabupaten Natuna,” sampai Fauzi.

Sementara itu, Kepala BAZNAS Kabupaten Natuna Wan Suhardi juga menjelaskan bahwa bantuan dari BAZNAS Natuna juga ada berupa bantuan fisik yaitu berupa infrastruktur.

“Kami juga membangun bantuan 27 WC untuk masyarakat di Ranai Darat, karena masyarakat disana masih banyak belum ada WC yang layak,” jelas Suhardi.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut Bupati Natuna, Wakil Ketua IV BAZNAS Kepri, Ketua BAZNAS Kabupaten Natuna, Forkopimda, dan Pimpinan OPD. *(Dayat)

banner 120x600
  • Share