Bawaslu Natuna Adakan Pelatihan Penguatan Kapasitas dan Saksi

  • Share

Natuna, kepripos.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Natuna menggelar Pelatihan Penguatan Kapasitas dan Pelatihan Saksi Peserta Pemilu tingkat Kecamatan pada Pemilihan Umum tahun 2024, bertempat di Aula Hotel Natuna, Jalan HR Soebrantas, Kelurahan Ranai Darat, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri. Rabu (07/02/2024).

Pelatihan ini diikuti oleh Saksi Partai Politik peserta pemilu tingkat Kecamatan, Saksi Tim Pemenangan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Tingkat Kecamatan, dan Saksi Calon Perseorangan Anggota DPD tingkat Kecamatan se-Kabupaten Natuna sejumlah 610 orang.

Dalam laporan yang disampaikan oleh panitia pelaksana Hanafi menyampaikan tujuan dari pelatihan ini untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan serta pengetahuan regulasi yang mendalam tentang proses tahapan pemungutan dan penghitungan suara.

Dalam sambutan Ketua Bawaslu Natuna Siswandi mengatakan bahwa peserta kegiatan yang hadir di lokasi hanya saksi yang berasal dari kecamatan Bunguran Timur, saksi lainnya mengikuti secara daring.

“Untuk peserta pelatihan yang jauh dari lokasi, mereka mengikuti pelatihan ini lewat zoom,” kata Siswandi.

Selain itu, Siswandi juga menjelaskan bahwa ada beberapa partai yang belum memiliki saksi partai sehingga ini adalah salah satu alasan yang hadir di lokasi tidak begitu ramai.

“Kami ingin dari semua partai di setiap kecamatannya bisa hadir dalam kegiatan ini, Namun setelah kami konfirmasi banyak partai yang belum menyiapkan saksi dan beberapa hadir lewat daring,” ungkap Siswandi.

Dalam hal ini ia berharap kepada peserta pelatihan untuk bisa mengikuti kegiatan ini dengan serius supaya pemilu tahun 2024 bisa berjalan dengan sukses.

“Jangan sampai saat bertugas nanti masih ada yang kebingungan atau kurang paham atas tugas yang diberikan,” pesan Siswandi.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Bawaslu Natuna, Anggota Bawaslu, dan Narasumber dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). *(Dayat)

banner 120x600
  • Share