Asisten II Basri :UKM Dan Koperasi Ujung Tombak Perekonomian Masyarakat

  • Share
Pengalungan tanda peserta oleh Asiten Basri
Spread the love

Natuna, Kepripos.id- Bupati Natuna yang diwakilkan oleh Asisten II Bagian Perekonomian Setda Ir. Basri membuka pelatihan Usaha Mikro Kecil (UMK) dan Koperasi  bertempat di Hotel Trend Central Natuna, Jl Pramuka Ranai Kelurahan Bandarsyah, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna Provinsi Kepri, Selasa(06/06/2023).

Pada Giat yang ditaja  oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) Basri sampaikan, pelatihan untuk pelaku usaha merupakan sebuah pelatihan kapasiti building yang bertujuan untuk meningkatkan SDM yang unggul dan mampu bersaing di dunia usaha yang penuh tantangan pada saat ini. Dimana kita ketahui bersama bahwa dunia usaha maupun koperasi sudah ada sejak dahulu yang angkanya mencapai 35 juta  sudah berhasil hingga saat ini. Nama koperasi terdengar sangat mudah dan enteng namun dalam pelaksanaannya memakan tenaga pikiran yang harus dikuasai dengan baik oleh setiap pelaku usaha dan koperasi.

penyerahan NIB dan sertifikat halal kepada UMK

Tambah Basri, maka dari itu untuk mewujudkan pelaku usaha di butuhkan SDM yang kuat dan tangguh dalam menghadapi kerasnya dunia usaha saat ini, karena dunia usaha merupakan jembatan ujung menuju perekonomian masyarakat.

Pada kesempatan yang sama Kepala Disperindagkop Natuna Marwan Syah Putra menyebutkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) dibidang koperasi dan meningkatkan perencanaan bisnis dalam administrasi keuangan pelaku usaha mikro.

Lanjut Marwan, kegiatan ini merupakan kegiatan non fisik Peningkatan Kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil (PK2UMK) ini dilaksanakan melalui pelatihan perkoperasian ini  diharapkan kepada peserta bisa menerapkan ilmunya ketika terjun ke dunia usaha yang sesungguhnya.

Peserta pelatihan

Pelatihan untuk UKM dan Koperasi se – Natuna diikuti oleh 88 orang peserta yaitu 44 peserta dari UMK dan 44 peserta dari koperasi yang dilaksanakan selama dua hari terhitung dari tanggal 06 – 08 Juni 2023, bertempat di hotel trend central Natuna. adapun narasumber dari kegiatan ini berasal dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Tri Bakti Bekasi Bapak Taufik Hidayat, SE., Ak., M.M.Si,  untuk materi perkoperasian dan materi UMK diisi oleh Lembaga Diklat Profesi Profesional Madani Bapak Nur Muhammad.

Kegiatan ini juga disejalankan dengan penyerahan secara simbolis Nomor Induk Berusaha (NIB) dan sertifikat halal kepada UKM.

Kegiatan tersebut diikuti oleh OPD, serta tamu lainnya.* (Irwanto)


Spread the love
  • Share