Agar Pengelolaan Keuangan Daerah Tercapai Tujuan Pemkab Natuna Adakan Bimtek Penyusunan Register Risiko

  • Share

Natuna, kepripos.id – Bupati Natuna dalam hal ini diwakili oleh Asisten Bidang Administrasi Umum H. Tasrib membuka secara resmi Pelatihan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Register Risiko pada perangkat daerah dilingkungan pemerintah kabupaten Natuna, bertempat di Gedung Wanita, Jalan Batu Sisir, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri. Selasa (17/10/2023).

Pelatihan ini juga dihadiri oleh Kepala Inspektorat Natuna, Narasumber Pelatihan, dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Natuna.

Bimtek ini dirancang dengan tujuan agar peserta memahami dan mampu membantu pimpinan dalam mengimplementasikan manajemen risiko dengan mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang SPIP, dimana perangkat daerah harus melakukan identifikasi risiko yang ada pada kegiatan pemerintah daerah, melakukan analisis dan prioritisasi resiko, dan membangun pengendalian untuk memitigasi resiko.

Dalam Laporan yang dibacakan oleh Kepala Inspektorat Natuna M. Amin menyampaikan, peserta bumtek  Penyusunan Register Resiko Perangat Daerah dilingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna terdaftar sebanyak 100 orang diantaranya Peserta berasal dari Dinas, Badan dan Kecamatan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna.

Dalam Pelatihan ini juga, terdapat tiga materi bimbingan teknis diantaranya Overview Manajemen dan Risiko Pemerintah Daerah Bimtek Penyusunan Register Risiko (RR) Strategis Perangkat Daerah dibawakan oleh Priyanta Eka Nugraha, serta Lanjutan Bimtek Penyusunan Register Risiko (RR) Strategis Perangkat Daerah yang dibawakan oleh Exaudi Mexchael Tua Panggabean.

Dalam Kesempatan ini, Sambutan Bupati Natuna yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum Natuna H. Tasrib menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh pimpinan maupun perwakilan OPD yang telah perhatian dan berkomitmen dalam rangka menyusun register risiko pada masing – masing instansinya, semoga adanya bimtek ini bisa bermanfaat positif berupa peningkatan kerja, transparansi, dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah setempat.

Tasrib juga berharap dengan adanya bimtek penyusunan registrasi risiko ini, seluruh perangkat daerah mulai ambil peduli dan waspada apa itu resiko dan bagaimana cara untuk memitigasi resiko tersebut , sehingga pengelolaan keuangan daerah dan pencapaian tujuan Pemerintah Kabupaten Natuna dapat diselenggarakan secara optimal.* ( Dayat ).

banner 120x600
  • Share