5 Februari Nanti Tanjungpinang Rayakan Malam Cap Go Meh

  • Share
Perayaan Malam Tahun Baru Imlek 2562 di Jalan Merdeka, Tanjungpinang yang berlangsung meriah, Sabtu (21/1/2023). (Foto: Kepripos.id/Kristanto)

KEPRIPOS.ID, Tanjungpinang – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tanjungpinang kembali akan menggelar Perayaan Malam Cap Go Meh pada Ahad, 5 Februari 2023 mendatang, di Jalan Merdeka.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang , Muhammad Nazri mengatakan sejumlah atraksi seni dan budaya akan ditampilkan pada event tersebut. Acara  ini cocok untuk malam minggu-an, karena dimulai sekitar pukul 19.30 Wib.

“Kami mengundang masyarakat untuk hadir meramaikan. Nanti akan banyak atraksi yang ditampilkan. Lintas suku, lintas budaya,” kata Nazri ketika ditemui media ini di kantornya, Jumat, 03 Februari 2023.

Menurutnya, perayaan cap go meh merupakan salah satu upaya Disbudpar untuk kembali membangkitkan event pariwisata di Tanjungpinang.

Setelah vakum selama 3 tahun karena pandemi Covid-19, sudah waktunya Tanjungpinang menggelar berbagai kegiatan kepariwisataan. Utamanya untuk menarik minat kunjungan wisawatan asing. Dimulai dari perayaan cah go meh itu.

“Karena waktunya tepat, masih rangkaian perayaan Imlek setiap tanggal 15 pada bulan pertama penanggalan Cina,” ucap Nazri.

Event perayaan nanti dikemas dengan penampilan beragam seni dan budaya. Selain Tionghoa, juga seni dan budaya Melayu, Jawa dan lainnya.

Masyarakat nanti bisa menikmati pertunjukan tarian naga (liong) barongsai, reog, musik Melayu, akustik dan lagu-lagu Mandarin. Lampu lampion yang menghias sepanjang Jalan Merdeka pastinya akan menambah semarak suasana.

 “Konsepnya untuk memperkenalkan sekaligus mengangkat tradisi seni dan budaya yang ada di kota kita,” ujar Nazri. (Kristanto/Ys)

banner 120x600
  • Share